Proses
E-Commerce Proses
yang ada dalam e-commerce adalah sebagai berikut :
a.Presentasi
elektronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
b.Pemesanan
secara langsung dan tersedianya tagihan.
c.Otomasi account
pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
d.Pembayaran
yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi
(Januari, 2008).
Struktur
E-Commerce
Infrastruktur
e-commerce:
a.Internet :
jaringan global
b.Intranet :
jaringan milik perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi internet,
seperti protocol internet, browser web.
c.Extranet :
jaringan melalui internet yang menghubungkan beberapa internet. Selain
infrastruktur, aplikasi e-commerce juga ditunjang oleh lima pilar:
a.SDM (people)
b.Peraturan/perundangan
publik (Public Policy)
c.Pemasaran
dan Periklanan (Marketing and Advertisement)
d.Layanan-layanan
pendukung (Support and Services)
e.Kemitraan
Usaha (Business partnership)

Klasifikasi
E-Commerce
Penggolongan
e-commerce yang lazim dilakukan orang adalah berdasarkan sifat transaksinya,
antara lain:
1.
Business to Business (B2B) Jenis transaksi dimana pembeli biasanya membeli dalam
jumlah besar karena akan dijual kembali. Contoh penjualan grosir.
2.Business
to Consumer (B2C) Jenis
transaksi dimana pembelinya perorangan dan tidak punya tujuan untuk menjualnya
kembali biasanya semacam toko online yang menjual berbagai macam barang.
3.
Consumer to Consumer (C2C)
Jenis
transaksi dimana pembelinya perorangan yang tidak mempunyai tujuan untuk dijual
kembali dan penjualnya juga perorangan yang tidak menyediakan bermacam-macam
barang melainkan hanya beberapa barang saja. Contoh: online advertising.
4.
Consumer to Business (C2B)
Termasuk
kedalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk atau layanan
kepada organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan
mereka dan menyepakati suatu transaksi.
Manfaat
E-Commerce
E-commerce
memiliki beberapa manfaat, baik itu organisasi, perusahaan dan masyarakat itu
sendiri, berikut ini beberapa manfaat dari e-commerce:
A. Manfaat yang
diperoleh bagi Organisasi pemilik E-Commerce
1.Memperluas
market place hingga ke pasar nasional dan internasional.
2.Dengan capital
outplay yang minim, sebuah perusahaan dapat dengan mudah menemukan lebih
banyak pelanggan, supplier yang lebih baik dan partner bisnis
yang paling cocok dari seluruh dunia.
3.E-commerce
menurunkan biaya pembuatan, pemrosesan, pendistribusian, penyimpanan, dan
pencarian informasi yang menggunakan kertas
4.E-commerce
mengurangi waktu antara outlay modal dan penerimaan produk dan jasa.
5.E-commerce
mendukung upaya-upaya business process reengineering.
6.Dengan
mengubah prosesnya, maka produktivitas sales-people, pegawai yang
berpengetahuan, dan administrator bisa meningkat 100% atau lebih.
7.Akses
informasi menjadi lebih cepat.
B. Manfaat bagi
Konsumen antara lain:
1.E-commerce
memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi selama 24 jam
sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.
2.E-commerce
memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka bisa memilih berbagai
produk dari banyak vendor.
3.E-commerce
menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara
mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
4.Pelanggan
bisa menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan
lagi hari atau minggu.
5.E-commerce
memberi tempat kepada para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain
di electronic community dan bertukar pikiran serta pengalaman.
C. Manfaat bagi
Masyarakat lain:
1.E-commerce
memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak harus keluar rumah
untuk berbelanja. Ini berakibat menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan
serta mengurangi polusi udara.
2.E-commerce
memungkinkan orang di negara-negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk
menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa
e-commerce.
Keamanan
E-Commerce
Keamanan
E-commerce sangat penting sekali untuk menjaga data rahasia yang dimiliki oleh
user atau admin. Berikut beberapa konsep dasar keamanan e-commerce:
1.Security
Policy (Kebijaksanaan keamanan yang digunakan) merupakan satu set aturan yang
diterapkan pada semua kegiatan-kegiatan pengamanan dalam security domain.
Security domain merupakan satu set sistem komunikasi dan komputer yang dimiliki
oleh organisasi yang bersangkutan.
2.Authorization
(Otorisasi) berupa pemberian kekuatan secara hukum untuk melakukan segala
aktivitasnya.
3.Accountability
(kemampuan dapat diakses) memberikan akses ke personal security.
4.A Threat
(Ancaman yang tidak diinginkan) merupakan kemungkinan munculnya seseorang,
sesuatu atau kejadian yang bisa membahayakan aset-aset yang berharga khususnya
hal-hal yang berhubungan dengan confidentiality, integrity, availability dan
legitimate use.
5.An
Attack(Serangan yang merupakan realisasi dari ancaman), pada sistem jaringan
komputer ada dua macam tipe serangan, yaitu passive attack (misalnya
monitoring terhadap segala kegiatan pengiriman informasi rahasia yang dilakukan
oleh orang-orang yang tidak berhak) dan active attack (misalnya perusakan
informasi yang dilakukan dengan sengaja dan langsung mengenai sasaran).
6.Safeguards
(Pengamanan) meliputi kontrol fisik, mekanisme, kebijaksanaan dan prosedur yang
melindungi informasi berharga dari ancaman-ancaman yang mungkin timbul setiap
saat.
7.Vulnerabilities
(Lubang-lubang keamanan yang bisa ditembus).
8.Risk
(Risiko kerugian) merupakan perkiraan nilai kerugian yang ditimbulkan oleh
kemungkinan adanya attack yang sukses.
9.Risk
Analysis (Analisis Kerugian) merupakan proses yang menghasilkan suatu keputusan
apakah pengeluaran yang dilakukan terhadap safe guards bisa menjamin
tingkat keamanan yang diinginkan.
KESIMPULAN
-E-Commerce
sebagai
perdagangan elektronik dimana untuk transaksi perdagangan baik membeli maupun
menjual dilakukan melalui elektronik pada jaringan internet.
-Klasifikasi
E-Commerce yaitu B2B, B2C, C2B, dan C2C.
-E-Commerce
bermanfaat
bagi Organisasi, Perusahaan dan Masyarakat.
Keamanan E-Commerce
sangat penting sekali untuk menjaga data rahasia yang dimiliki oleh user atau
admin.
Terima Kasih
, Sudah berkunjung ...
0 Response to "Proses E-Commerce, Struktur E-Commerce, Klasifikasi E-Commerce, Manfaat E-Commerce, dan Keamanan E-Commerce"
Post a Comment