ALGORITMA PENJADWALAN PADA SISTEM OPERASI WINDOWS XP , SOLARIS , LINUX dan MAC OS





Sumber gambar : Ini



11. Proses penjadwalan pada Sistem Operasi Windows XP

Windows XP menggunakan algoritma, prioritas penjadwalan quantum based berbasis preemptive priority scheduling.
Threads dijadwalkan dalam proses, karena prioritas preemptive algoritma diimplementasikan dengan beberapa queue, atau dapat juga disebut dengan algoritma Multilevel Feedback Queue. Thread dengan prioritas tertinggi pasti dijalankan dan dapat menghentikan/menginterupsi jalannya thread lain yang prioritasnya lebih rendah. Ketika menggunakan CPU thread menghabiskan sejumlah waktu, ini disebut dengan quantum. Quantum adalah sejumlah waktu yang diberikan kepada thread untuk menggunakan CPU. Sifat penjadwalan windows yang preemtive memungkinkan suatu thread untuk diinterupsi, meskipun waktu quantumnya belum habis.

22. Proses penjadwalan pada Sistem Operasi Solaris

Solaris menggunakan penjadwalan berdasarkan prioritas dimana yang mempunyai prioritas yang lebih tinggi dijalankan terlebih dahulu, informasi tentang penjadwalan kernel thread dapat dilihat dengan ps –elcL. Kernel Solaris adalah fully preemtible, artinya semua thread, termasuk thread yang mendukung aktivitas kernel itu sendiri dapat di tunda unatuk menjalankan thread dengan prioritas yang lebih tinggi.
33. Proses penjadwalan pada Sistem Operasi Linux

Mulai dari versi 2.5, Kernel Linux dapat berjalan di berbagai algoritma penjadwalan UNIX tradisional. Dua masalah dalam penjadwalan UNIX tradisional adalah tidak disediakannya dukungan yang cukup untuk SMP (symmetric multiprocessor) system dan tidak diperhitungkan dengan baik jumlah tasks pada system yang berkembang. Dalam versi 2.5, penjadwal memeriksa dengan teliti hal tersebut, dan sekarang kernel juga menyajikan algoritma penjadwalan yang dapat run dalam waktu yang konstan tidak tergantung dari jumlah task dalam system. Penjadwalan yang baru juga menyediakan peningkatan dukungan untuk SMP (symmetric multiprocessor), termasuk processor affinity dan load balancing, sebaik dalam menyediakan keadilan dan dukungan terhadap interactive task.

Penjadwalan Linux adalah preemptive, algoritmanya berdasarkan prioritas dengan dua range prioritas yang terpisah: real-time range dari 0-99 dan nice value berkisar dari 100-140. Dua range ini dipetakan menjadi global priority scheme dimana nilai yang lebih rendah memiliki prioritas yang lebih tinggi. Tidak seperti penjadwalan yang lain, Linux menetapkan prioritas yang lebih tinggi memiliki waktu kuantum yang lebih panjang dan prioritas yang lebih rendah memiliki waktu kuantum yang lebih pendek.

Linux mengimplementasikan real time scheduling seperti yang didefinisikan oleh POSIX First Come First Served dan Round Robin. Sistem waktu nyata( real time) diberikan untuk task yang prioritasnya tetap. Sedangkan task yang lainnya memiliki prioritas yang dinamis berdasakan nice values ditambah atau dikurangi dengan 5. Interaktifitas sebuah task menentukan apakah nilai 5 tersebut akan ditambah atau dikurangi dari nice value. Task yang lebih interaktif mempunyai ciri khas memiliki sleep times yang lebih lama dan karena itu maka ditambah dengan -5, karena penjadwal lebih menyukai interactive task.
Hasil dari pendekatan ini akan membuat prioritas untuk interactive task lebih tinggi. Sebaliknya, task dengan sleep time yang lebih pendek biasanya lebih CPU-bound jadi prioritasnya lebih rendah.

44. Proses penjadwalan pada Sistem Operasi MAC OS

MAC OS History
Preemptive
Algorithm
Mac OS Pre-9
None
Cooperative Scheduler
Mac OS 9
Some
Preemptive for MP tasks,Cooperative Scheduler for processes and threads
Mac OS X
Yes
Multilevel feedback queue




Mac OS 9 cooperative scheduling untuk beberapa threads dimana satu proses mengontrol multiple cooperative threads dan juga menyediakan penjadwalan preemptive untuk tugas-tugas MP. Jadwal kernel MP tugas menggunakan algoritma penjadwalan preemptive. Semua proses Proses Manager yang menjalankan tugas MP  disebut "blue task" . Proses-proses tersebut dijadwalkan secara kooperatif, menggunakan algoritma round-robin scheduling yaitu sebuah proses kontrol menghasilkan prosesor untuk proses lain dengan secara eksplisit memanggil fungsi pemblokiran seperti WaitNextEvent . Setiap proses memiliki salinan sendiri dari Manajer Thread bahwa jadwal tersebut dijalankan secara kooperative .suatu  kontrol thread prosesor untuk thread lain disebut YieldToAnyThread atau YieldToThread . 
Mac OS X menggunakan multilevel feedback queue , dengan empat band prioritas untuk threads - normal, sistem prioritas tinggi, hanya modus kernel, dan real-time. Selain  Thread dijadwalkan preemptively; Mac OS X juga mendukung kooperative system thread dalam  Manager Thread in Karbon (Karbon adalah salah satu dari antarmuka pemrograman aplikasi (API) milik Apple Inc 's  untuk Macintosh sistem operasi . karbon menyediakan bahasa pemrograman C untuk akses ke layanan Macintosh sistem).



SUMBER :


Kesimpulan :
Dari 4 Sistem operasi yang dibahas adalah sistem operasi Windows XP dan MAC OS X yang terlihat mekanisme penjadwalannya lebih baik karena menggunakan algoritma penjadwalan Multilevel feedback queue. Dimana algoritma Multilevel feedback queue adalah salah satu algoritma yang berdasar pada algoritma Multilevel queue. Perbedaan mendasar yang membedakan Multilevel feedback queue dengan Multilevel queue biasa adalah terletak pada adanya kemungkinan suatu proses berpindah dari satu antrian ke antrian lainnya, entah dengan prioritas yang lebih rendah ataupun lebih tinggi.

Jika suatu proses menyita CPU terlalu lama, maka proses itu akan dipindahkan ke antrian yang lebih rendah. Hal ini menguntungkan proses interaksi karena proses ini hanya memakai waktu CPU yang sedikit. Demikian pula dengan proses yang menunggu terlalu lama. Proses ini akan dinaikkan tingkatannya. Biasanya prioritas tertinggi diberikan kepada proses dengan CPU burst terkecil, dengan begitu CPU akan terutilisasi penuh dan I/O dapat terus sibuk. Semakin rendah tingkatannya, panjang CPU burst proses juga semakin besar.


Terima Kasih

Related Posts:

0 Response to "ALGORITMA PENJADWALAN PADA SISTEM OPERASI WINDOWS XP , SOLARIS , LINUX dan MAC OS"

Post a Comment