E-Business, Kendala Bisnis Internet, Hambatan E-Business di Indonesia



Pendahuluan
Menganggap bahwa e-business adalah belanja online atau membeli barang melalui Web, Jika mereka ditanya apa definisi e-business, jawabannya sederhana e-business adalah berbisnis secara online.  Belanja melalui web adalah sebagian kecil dari kegiatan e-business. Dan E-business yang sering disitilahkan dengan perdagangan elektronik merupakan salah satu bentuk aktivitas yang menggunakan media internet sebagai sarana menjalankan bisnis secara online.

E-BUSINESS dalam pengertian The Business Internet bukan sekedar bertransaksi secara online, tetapi bagaimana perusahaan menggunakan kekuatan informasi digital untuk memahami kebutuhan dan preferensi setiap pelanggan atau mitra bisnisnya, untuk menyesuaikan produk (barang dan jasa) sesuai dengan keiinginan mereka dan menyampaikan secara cepat melalui saluran komunikasi internet. 

Sumber Gambar : Disini


Model-Model E-Business
a. Business to Consumers (B2C): Interaksi antara individu-individu dengan organisasi-organisasi
b. Business to Business (B2B): Interorganizational e-business.


Type of E-Business
Characteristics

B2C

Organization-individual
Smaller dollar value
One-time or infrequent transactions
Relatively simple


B2B
B2G
B2E

Interorganizational
Larger dollar value
Established, on-going relationships
Extension of credit by seller to customer
More complex



Aplikasi E - business Internal Business System
•CRM
•ERP
•DMS
•HRM

Enterprise Communication and Collaboration
•VoIP
•CMS
•E-mail
•Voice mail 

Electronic commerce
•Internet shop
•Online marketing

Kendala Bisnis Internet

Beberapa masalah yang masih menjadi kendala dalam mengembangkan bisnis di Internet :
1.Sebagian masyarakat belum siap menerima kemajuan teknologi dalam membawa perubahan cara berkomunikasi dan berbisnis.
2.Sebagian masyarakat taraf pendidikannya belum terdidik dalam menerima teknologi maju.
3.Sebagian masyarakat menganggap bahwa akses internet suatu yang sangat mahal, terlebih-lebih untuk akses global. 

Kelebihan yang diakui oleh pelaku bisnis di Internet :
1.Mudah dan murah untuk memulainya
2.Dapat menekan biaya promosi
3.Biaya operasional dan biaya pegawai menjadi rendah.
4.Dapat dijalankan sendiri dari rumah dan secara otomatis.
5.Konsumen tidak dibatasi ruang dan gerak karena ada di seluruh dunia, sehingga mudah diraih.


Hambatan e-Business di Indonesia

1.Belum terbentuknya high trust society,
2.Pada umumnya harga produk tidak dapat ditawar lagi,
3.Sarana prasarana masih belum memadai,
4.Masih sangat sedikit SDM yang memahami dan menguasai konsep dan implementasi TI,
5.Jasa pos masih membutuhkan pembenahan dan peningkatan,
6.Adanya tindak kejahatan kartu kredit,
7.Masih menunggu,
8.e-Business masih dipandang sebelah mata.


Referensi:
Romney, Marshall B., 2006, Sistem Informasi 
Akuntansi, Edisi 9, Buku 1, Salemba Empat, Jakarta

TERIMA KASIH

Related Posts:

0 Response to "E-Business, Kendala Bisnis Internet, Hambatan E-Business di Indonesia"

Post a Comment