Proses E-Commerce, Struktur E-Commerce, Klasifikasi E-Commerce, Manfaat E-Commerce, dan Keamanan E-Commerce


Proses E-Commerce Proses yang ada dalam e-commerce adalah sebagai berikut :
a.Presentasi elektronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.
b.Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.
c.Otomasi account pelanggan secara aman (baik nomor rekening maupun nomor kartu kredit).
d.Pembayaran yang dilakukan secara Langsung (online) dan penanganan transaksi (Januari, 2008). 

Struktur E-Commerce 
Infrastruktur e-commerce:
a.Internet : jaringan global
b.Intranet : jaringan milik perusahaan atau organisasi yang menggunakan teknologi internet, seperti protocol internet, browser web.
c.Extranet : jaringan melalui internet yang menghubungkan beberapa internet. Selain infrastruktur, aplikasi e-commerce juga ditunjang oleh lima pilar:
a.SDM (people)
b.Peraturan/perundangan publik (Public Policy)
c.Pemasaran dan Periklanan (Marketing and Advertisement)
d.Layanan-layanan pendukung (Support and Services)
e.Kemitraan Usaha (Business partnership



Klasifikasi E-Commerce 
Penggolongan e-commerce yang lazim dilakukan orang adalah berdasarkan sifat transaksinya, antara lain: 

1. Business to Business (B2B) Jenis transaksi dimana pembeli biasanya membeli dalam jumlah besar karena akan dijual kembali. Contoh penjualan grosir.

2.Business to Consumer (B2C) Jenis transaksi dimana pembelinya perorangan dan tidak punya tujuan untuk menjualnya kembali biasanya semacam toko online yang menjual berbagai macam barang.

3. Consumer to Consumer (C2C)
Jenis transaksi dimana pembelinya perorangan yang tidak mempunyai tujuan untuk dijual kembali dan penjualnya juga perorangan yang tidak menyediakan bermacam-macam barang melainkan hanya beberapa barang saja. Contoh: online advertising.

4. Consumer to Business (C2B)
Termasuk kedalam kategori ini adalah perseorangan yang menjual produk atau layanan kepada organisasi, dan perseorangan yang mencari penjual, berinteraksi dengan mereka dan menyepakati suatu transaksi.

Manfaat E-Commerce 
E-commerce memiliki beberapa manfaat, baik itu organisasi, perusahaan dan masyarakat itu sendiri, berikut ini beberapa manfaat dari e-commerce:

A. Manfaat yang diperoleh bagi Organisasi pemilik E-Commerce
1.Memperluas market place hingga ke pasar nasional dan internasional.

2.Dengan capital outplay yang minim, sebuah perusahaan dapat dengan mudah menemukan lebih banyak pelanggan, supplier yang lebih baik dan partner bisnis yang paling cocok dari seluruh dunia.

3.E-commerce menurunkan biaya pembuatan, pemrosesan, pendistribusian, penyimpanan, dan pencarian informasi yang menggunakan kertas

4.E-commerce mengurangi waktu antara outlay modal dan penerimaan produk dan jasa.

5.E-commerce mendukung upaya-upaya business process reengineering.

6.Dengan mengubah prosesnya, maka produktivitas sales-people, pegawai yang berpengetahuan, dan administrator bisa meningkat 100% atau lebih.

7.Akses informasi menjadi lebih cepat. 

B. Manfaat bagi Konsumen antara lain:
1.E-commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir setiap lokasi.

2.E-commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan, mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.

3.E-commerce menyediakan produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.

4.Pelanggan bisa menerima informasi yang relevan secara detail dalam hitungan detik, bukan lagi hari atau minggu.

5.E-commerce memberi tempat kepada para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta pengalaman. 

C. Manfaat bagi Masyarakat lain:
1.E-commerce memungkinkan orang untuk bekerja di dalam rumah dan tidak harus keluar rumah untuk berbelanja. Ini berakibat menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.

2.E-commerce memungkinkan orang di negara-negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa e-commerce. 

Keamanan E-Commerce  
Keamanan E-commerce sangat penting sekali untuk menjaga data rahasia yang dimiliki oleh user atau admin. Berikut beberapa konsep dasar keamanan e-commerce: 
1.Security Policy (Kebijaksanaan keamanan yang digunakan) merupakan satu set aturan yang diterapkan pada semua kegiatan-kegiatan pengamanan dalam security domain. Security domain merupakan satu set sistem komunikasi dan komputer yang dimiliki oleh organisasi yang bersangkutan.

2.Authorization (Otorisasi) berupa pemberian kekuatan secara hukum untuk melakukan segala aktivitasnya. 

3.Accountability (kemampuan dapat diakses) memberikan akses ke personal security.

4.A Threat (Ancaman yang tidak diinginkan) merupakan kemungkinan munculnya seseorang, sesuatu atau kejadian yang bisa membahayakan aset-aset yang berharga khususnya hal-hal yang berhubungan dengan confidentiality, integrity, availability dan legitimate use.

5.An Attack(Serangan yang merupakan realisasi dari ancaman), pada sistem jaringan komputer ada dua macam tipe serangan, yaitu passive attack (misalnya monitoring terhadap segala kegiatan pengiriman informasi rahasia yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak berhak) dan active attack (misalnya perusakan informasi yang dilakukan dengan sengaja dan langsung mengenai sasaran).

6.Safeguards (Pengamanan) meliputi kontrol fisik, mekanisme, kebijaksanaan dan prosedur yang melindungi informasi berharga dari ancaman-ancaman yang mungkin timbul setiap saat.

7.Vulnerabilities (Lubang-lubang keamanan yang bisa ditembus).

8.Risk (Risiko kerugian) merupakan perkiraan nilai kerugian yang ditimbulkan oleh kemungkinan adanya attack yang sukses.

9.Risk Analysis (Analisis Kerugian) merupakan proses yang menghasilkan suatu keputusan apakah pengeluaran yang dilakukan terhadap safe guards bisa menjamin tingkat keamanan yang diinginkan.

 KESIMPULAN
-E-Commerce sebagai perdagangan elektronik dimana untuk transaksi perdagangan baik membeli maupun menjual dilakukan melalui elektronik pada jaringan internet.
-Klasifikasi E-Commerce yaitu B2B, B2C, C2B, dan C2C.
-E-Commerce bermanfaat bagi Organisasi, Perusahaan dan Masyarakat.
Keamanan E-Commerce sangat penting sekali untuk menjaga data rahasia yang dimiliki oleh user atau admin.




Terima Kasih , Sudah berkunjung ...

Related Posts:

0 Response to "Proses E-Commerce, Struktur E-Commerce, Klasifikasi E-Commerce, Manfaat E-Commerce, dan Keamanan E-Commerce"

Post a Comment