Materi Data Warehouse : Dimensional Data Store



DDS adalah database yang menyimpan data dari data warehouse dengan format yang berbeda dibandingkan OLTP. Data diambil dari source sistem ke DDS dan kemudian melakukan query di DDS. 

DDS adalah satu atau beberapa databases yang mengandung sekumpulan dimensional data marts. 

Dimensional data marts merupakan sekelompok table fakta yang terhubung dan table dimensi mereka yang cocok berisi pengukuran kegiatan bisnis yang dikategorikan oleh dimensi mereka. DDS adalah denormalizes, dan dimensi adalah penyesuaian. Penyesuaian dimensi berarti salah satu dari table dimensi yang sama atau satu menjadi bagian table dimensi lain nya. 

Contoh : semua kolom dan baris pada dimensi A telah tersedia pada dimensi B. ini lah yang disebut bahwa dimensi A menjadi subset (bagian) dimensi B.
DDS dapat di implementasikan secara fisik di dalam bentuk dari beberapa schema yang berbeda.
      Catatan : DDS dapat di implementasikan secara fisik pada lebih dari satu database. dua atau lebih database dapat di implementasikan secara fisik dalam satu database.

Contoh dari skema DDS adalah skema bintang yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini

 


Skema Bintang
      Skema bintang merupakan struktuk logikal yang memiliki tabel fakta yang terdiri atas data faktual ditengahnya, dan dikelilingi oleh tabel-tabel dimensi yang berisi referensi data.
      Skema bintang yang paling sederhana terdiri dari satu tabel fakta dan beberapa tabel dimensi.
      Tiap dimensi memiliki relasi one-to-many ke tabel fakta.
      Tabel dimensi memiliki satu primary key, dimana primary key tersebut merupakan foreign key pada tabel fakta.

Sekema Bintang (Star Schema)
 




QUERY SKEMA BINTANG


SELECT Sum(SalesFact.SalesDollars) AS SumOfSalesDollars
FROM TimeDimension INNER JOIN
    (ProductDimension INNER JOIN SalesFact  ON  ProductDimension.ProductID = SalesFact.ProductID)
 ON  TimeDimension.TimeID = SalesFact.TimeID
WHERE ProductDimension.Category='Brass Goods' AND TimeDimension.Month=3  AND  TimeDimension.Year=1999


KOMPONEN DATAWAREHOUSE

 



Keterangan

Source system adalah data source atau objek yang menjadi sumber data dari proses keseluruhan. Source sistem merupakan sistem OLTP yang berisi data yang ingin di muat ke dalam data warehouse.

Online Transaction Processing (OLTP) adalah suatu sistem yang fungsi utamanya untuk menangkap dan menyimpan transaksi bisnis. data source system diuji menggunakan satu data profiler untuk dapat memahami karakteristik dari data.

Data profileradalah suatu alat yang punya kemampuan untuk menganalisis data, seperti menemukan berapa banyak baris yang terdapat di dalam setiap tabel, berapa banyak baris yang mengandung nilai NULL, dan seterusnya.

ETL adalah singkatan dari extract, transform, load. Fungsinya adalah melakukan ekstraksi dari data source, kemudian melakukan transformasi data, sebelum me-load-nya ke data store tujuan. Sistem ETL kemudian diintegrasikan, bertransformasi, dan memuat data ke dalam satu dimensional data store (DDS).

DDS adalah database yang menyimpan data dari data warehouse dengan format yang berbeda dibandingkan OLTP. Data diambil dari source sistem ke DDS dan kemudian melakukan query di DDS.

- Mengapa query tidak dilakukan langsung di source system? 

hal ini karena pada DDS data disusun pada satu   format dimensional sehingga menjadi lebih cocok  untuk  di analisa. alasan kedua adalah karena DDS mengandung data terintegrasi dari beberapa source system.

Ketika sistem ETL memuat data ke dalam DDS, aturan kualitas data melakukan berbagai pengecekan kualitas data. Data yang buruk diletakkan ke dalam database data quality (DQ)untuk dilaporkan kemudian diperbaiki pada source sistem. Data yang buruk juga dapat secara otomatis terkoreksi atau di toleransi jika data tersebut berada pada batas tertentu. Sistem ETL diatur oleh sistem control, berdasarkan urutan, ketentuan, dan logika penyimpanan pada metadata. 
 




 Terima kasih , semoga bermanfaat ..

Related Posts:

0 Response to "Materi Data Warehouse : Dimensional Data Store"

Post a Comment