Apa itu DSS ? Definisi DSS : Materi Sistem Pendukung Keputusan


Definisi awal DSS yang diidentifikasi sebagai sistem yang dimaksudkan untuk mendukung pengambil keputusan manajerial dalam situasi keputusan semitersruktur.

DSS dimaksudkan untuk menjadi tambahan bagi para pengambil keputusan untuk memperluas kemampuan mereka, tetapi tidak menggantikan penilaian mereka.

Mereka ditujukan dimana penilaian keputusan yang diperlukan atau keputusan yang tidak dapat sepenuhnya didukung oleh algoritma.
Tidak secara khusus dinyatakan, tapi tersirat dalam definisi awal , adalah gagasan bahwa sistem akan memiliki kemampuan output grafis. Definisi awal yang terbuka untuk beberapa interprestasi. Beberapa definisi lain muncul yang menyebabkan ketidaksetujuan seperti DSS sebenarnya.
 
Apa itu DSS ????????

Little (1970) mendefinisikan DSS sebagai model berbasis set prosedur untuk mengolah data dan penilaian untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusannya. Dia berpendapat bahwa untuk menjadi sukses, sistem harus sederhana, kut, mudah untuk dikontrol, adaptif, lengkap dengan isu-isu penting, dan mudah untuk berkomunikasi.

Alter (1980) Mendefinisikan DSS dengan kontras mereka dengan pengolahan data elektronik tradisional (EDP) sistem pada lima dimensi, seperti yang ditujukan pada tabel dibawah ini..

Moore dan Chang (1980) berpendapat bahwa konsep srtuktur begitu banyak dari bagian awal definisi DSS yaitu bahwa DSS dapat menangani semitersrtuktur dan situasi tidak terstruktur. Tidak bermakna secara umum ; masalah dapat digambarkan sebagai terstruktur atau tidak terstruktur hanya berkenan dengan pembuat keputusan tertentu atau situasi tertentu. (misalnya.. keputusan terstruktur karena kita memilih untuk memperlakukan mereka seperti itu).
 
Dengan demikian, mereka mendefinisikan DSS sebagai sistem panjang yang mampu mendukung hoc analisis data dan pemodelan keputusan, berorientasi pada perencanaan masa depan dan digunakan pada tidak teratur, interval yang tidak direncanakan.

Bonzek et al (1980) mendefinisikan DSS sebagai sistem berbasis komputer yang terdiri dari tiga komponen yang saling berinteraksi : sistem bahasa ( mekanisme untuk menyediakan komunikasi antara pengguna dan komponen lain dari DSS), sistem pengetahuan ( repositori masalah pengetahuan domain yang terkandung dalam DSS baik sebagai data atau prosedur), sistem pengolahan masalah (hubungan antara duakomponen lainya mengandung satu atau lebih dari kemampuan manipulasi masalah umum yang diperlukan untuk pengambilan keputusan). Konsep yang disediakan oleh definisi ini penting untuk memahami hubungan antara DSS dan pengetahuan.

Keen (1980) menerapkan istilah DSS untuk situasi ini dimana sistem akhir dapat dikembangkan hanya melalui proses belajar adaptif dan evolusi. Dengan demikian, ia mendefinisikan DSS sebagai produk dari proses perkembangan dimana pengguna DSS, pembangun DSS, dan DSS itu sendiri, semua mampu mempengaruhi satu sama lain, sehingga sistem evolusi dan pola penggunaan.
Definisi ini dibandingkan dan kontas dengan memeriksa berbagai konsep yang digunakan untuk mendefinisikan DSS. Tampak bahwa dasar untuk mendefinisikan 

DSS telah dikembangkan dari persepsi tentang apa DSS (misalnya membuat keputusan dukungan dalam masalah yang tidak terstruktur) dan dari ide-ide tentang bagaimana tujuan DSS dapat dicapai ( misalnya, komponen yang diperlukan, pola penggunaan yang tepat, diperlukan juga proses pengembangan.









Terima kasih , sudah berkunjung

Related Posts:

0 Response to "Apa itu DSS ? Definisi DSS : Materi Sistem Pendukung Keputusan"

Post a Comment